Model Pembelajaran Sejarah Dengan Mengintegrasikan Nilai dan Karakter Agama Melalui Teknik Klalirifikasi Nilai
Penelitian
ini dilakukan dalam rangka menemukan model pembelajaran sejarah yang
diintegrasikan dengan nilai dan karakter agama melalui teknik klalirifikasi
nilai. Mengingat hasil penelitian yang di harapkan berupa rancangan model
pembelajaran, maka penelitian ini di lakukan dengan metode kajian kepustakaan. Terdapat
tiga poin yang menjadi perhatian utama dalam penelitian ini. Pertama, telaah
terhadap materi pembelajaran, yakni materi “deklarasi kemerdekaan dan pembentukan
Republik Indonesia”
kedua lelaah terhadap konsep didaktik dan metodik yang
memungkinkan untuk mengintegrasikan materi sejarah dengan nilai dan karakter
agama. Dalam hal ini peneliti memiliki teknik klarifikasi nilai (value
charivication technique). Ketiga, telaah tentang nilai – nilai keagaamaan yang
di integrasikan dalam pembelajaran sejarah. Dalam hal ini adalah nilai dan
karakter perjuanagan dan kejuangan, disiplin dalam pemanfaatan waktu, berdiri
di atas kaki sendiri, teguh memegang prinsip, musyawarah untuk mencapai
mufakat, serta persatuan dan kesatuan. Proses analisis dan sintesis terhadap
tiga komponen tersebut menghasilkan sebuah model pembelajaran sejarah dengan
mengintegrasikan nilai dan karakter religius melalui tehnik klatifikasi nilai. Ingin
tau lebih lanjut tentang bagaimana model pembelajaran sejarah yang
diintegrasikan dengan nilai dan karakter agama melalui teknik klalirifikasi
nilai ini ? Baca Selengkapnya
Model Pembelajaran Sejarah Dengan Mengintegrasikan Nilai dan Karakter Agama Melalui Teknik Klalirifikasi Nilai
Reviewed by Unknown
on
Januari 02, 2018
Rating:
Sangat bermanfaat terima kasih 👍🏻
BalasHapusGood information. Thanks.
BalasHapusAmaze information
BalasHapus